Jumat, 07 Desember 2007

Klub Cinta Lingkungan di Sekolah.

Dapatkan lebih banyak informasi tentang isu-isu dan permasalahan lingkungan hidup dari para guru, buku pelajaran, koran, dan koleksi di perpustakaan.

Kita dapat membantu untuk berpartisipasi aktif untuk kepedulian dan menyelamatkan lingkungan hidup dimulai dari sekitar kita sendiri, antara lain adalah dengan membeli yang hanya kita butuhkan saja, mendaur ulang sampah, tidak berpolusi/mengurangi polusi di sekitar kita, hemat energi, dan mulai membuat kebun sekolah dengan menanami pohon buah-buahan dan sayur-sayuran sebagai penyegar dan penyejuk, dan lain sebagainya adalah beberapa tips ringan yang dapat kita lakukan bersama.

Ambil tindakan untuk lingkungan hidup mulai hari ini dan untuk seterusnya.

Apa yang bisa kita lakukan dengan klub kita tersebut?

· Di Kantin

Setiap kali kita membeli atau menggunakan sesuatu, kita mempengaruhi keadaan lingkungan hidup di sekitar kita. Produksi sampah dari kantin dapat didaur ulang atau dibikin kompos, atau tindakan praktisnya dengan membuang sampah selalu pada tempatnya; dengan memilah sampah dan menyediakan tong sampah sesuai pemilahan.

  1. jangan membeli terlalu banyak makanan dalam kemasan atau sejenisnya, karena akan memperbanyak sampah plastik di sekitar kita.
  2. Belilah buah segar dan komposkan (proses dibikin menjadi pupuk organik)sampahnya. Untuk selanjutnya dapat kita gunakan pupuk tersebut, untuk taman di sekolah, atau kebun sekolah, misalnya.
  3. Bikin sebuah pusat koleksi daur ulang mini dekat kantin dan gunakan dana yang didapat untuk kegiatan pelestarian lingkungan hidup.

· Di Kelas

Setiap mata pelajaran di sekolah, lingkungan hidup terintegrasi di dalamnya dan setiap orang membutuhkan sumber daya alam. Kelas dan perpustakaan adalah tempat yang sangat bagus untuk kita belajar tentang kepedulian dan penyelamatan lingkungan hidup.

  1. ajukan pertanyaan dan cari jawabannya tentang permasalahan lingkungan hidup di sekitar kita dan bagaimana dampak atau pengaruhnya bagi kita.
  2. Telitilah topik-topik tentang permasalahan dan pelestarian lingkungan hidup di perpustakaan.
  3. Jangan membuang kertas, simpan kertas tersebut dan daur ulang dengan memakai sebaliknya.
  4. Hiaslah ruangan kelas dengan tanaman, mural/gambar, poster, dan berita-berita tentang lingkungan hidup.

· Kegiatan Ekstra Kurikuler

Murid-murid dapat bekerja bersama dapat membuat dunia terasa menjadi lebih indah dan riang. Anak-anak dapat menemukan dan belajar tentang lingkungan hidup lewat klub kerja bersama tadi.

  1. Mulai membentuk klub lingkungan hidup di sekolah.
  2. Siapkan papan informasi ( mading ) lingkungan hidup di sekolah sehingga dapat dibaca oleh murid-murid yang lain.
  3. Identifikasikan permasalahan lingkungan hidup yang ada di sekitar sekolah dan cobalah mulai untuk memecahkannya dan mencari jalan keluarnya secara bersama-sama. Apabila menemui kesulitan, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya kepada guru, kakak, atau orang tua kita.

· Masih ada lagi dan kita bisa punya …… Pohon Kenangan atau Pohon Angkatan : Setiap kelas atau angkatan menanam dan memelihara satu pohon selama kita bersekolah disitu, kegunaannya selain untuk penyejuk di lingkungan sekolahnya. Dari lingkungan sekolah yang sejuk, akan sangat membantu proses belajar kita di kelas, karena tidak terganggu oleh panasnya siang ketika matahari bersinar dengan teriknya. Nantinya pohon itu akan menjadi kenangan bersama, ketika kita selesai/lulus nantinya, bisa untuk latar belakang potret kenangan bersama saat pesta perpisahan dan si anak bisa bercerita di depan podium tentang ini ;…..pasti deh cerita kenangan akan jadi lebih asyik nantinya. Bisa memakai tanaman langka/ lokal (Yogyakarta) yang mempunyai makna filosofis di baliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar