Jumat, 07 Desember 2007

Tips mengendarai mobil yang lebih ramah lingkungan

Selain untuk mengurangi polusi yang dikeluarkan kendaraan kita dengan men-service-kan mesin tepat waktu dan membeli bensin yang bebas timbal untuk bahan bakarnya, perlu kiranya di mobil juga disediakan beberapa hal :
  1. tempat sampah, sehingga saat kita pergi piknik ke suatu , misalnya, bisa tetap bisa ngemil di dalam mobil, dengan tanpa harus membuang sampah di jalanan, nanti setelah kita berhenti sampah yang terkumpul tersebut dapat kita buang di tempat penampungan sampah sementara di sekitar situ.
  2. apabila menghidupkan AC (air conditioning), pastikan dahulu semua pintu dan jendela sudah tertutup rapat, sehingga ruangan di dalam mobil lebih cepat adem dan kita dapat menghemat energi yang dipakai untuk menyalakan AC tersebut. Jika jendela atau pintu masih terbuka, kita menyalakan AC, ruangan dalam mobil akan lebih lama ademnya dan ini membutuhkan energi yang lebih banyak untuk menyalakan ac tersebut….kan malah jadi boros energi kita tuh.
  3. Apabila ada yang merokok, merokok di dalam ruangan sempit seperti di dalam mobil, akan merugikan bagi yang tidak merokok, karena menurut berbagai penelitian di bidang kesehatan terhadap efek buruk rokok ini, bahwa perokok pasif lebih potensial terkena berbagai penyakit saluran pernapasan, asapnya membikin mata kita menjadi pedih, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar